Breaking News

Vaksinasi Serentak Indonesia, Kapolres Jember Himbau Masyarakat Tetap Patuhi Prokes di Bulan Ramadhan

 

Kapolres Jember AKBP Hery Purnomo menghimbau  masyarakat untuk tetap mematuhi Prokes selama bulan Ramadhan hingga Idul Fitri tahun 2022.

Selain menerapkan Prokes, yaitu mencuci tangan, memakai masker dan menjaga jarak, hal yang terpenting masyarakat diminta segera melakukan vaksinasi, baik dosis 1, dosis 2, ataupun dosis 3.

"Selain mematuhi prokes, utamanya melaksanakan vaksin secara lengkap agar tercapai herd immunity dan kami dari Forkopimda siap untuk menfasilitasi kegiatan vaksinasi," ungkap Kapolres Jember, AKBP Hery Purnomo usai mengikuti Zoom meeting Vaksinasi Serentak Indonesia di pendopo kantor kepala desa Grenden kecamatan Puger, Jumat (25/03/2022).

Dirinya menjelaskan, vaksinasi merupakan salah satu program pemerintah yang harus dipercepat, mengingat sebentar lagi Ramadhan yang tentunya banyak kegiatan masyarakat yang berkaitan dengan  ibadah.

"Kami meyakini angka Covid-19 di kecamatan Puger ini akan cepat menurun kalau masyarakat patuh prokes, apalagi capaian vaksinnya sudah cukup bagus," katanya.

Antisipasi penyebaran covid-19 saat Idul Fitri

Kapolres menuturkan, pengalaman dua tahun lalu, setelah Hari Raya selalu diikuti peningkatan Covid-19, maka Pemerintah akan mengambil langkah antisipasi dengan melakukan pembatasan pembatasan.

"Kita akan mengambil langkah antisipasi dengan melakukan pembatasan, tetapi tidak seperti PPKM atau PSBB," ujarnya.

Langkah antisipasi yang akan diambil adalah dengan memberikan pengertian dan menyadarkan kepada masyarakat secara humanis dengan melibatkan  pemerintahan desa sampai ke tingkat RT/RW.

"Misalnya, Warga yang merasa sakit atau ada keluhan sakit dihimbau tidak melakukan ibadah di mesjid atau mushola, biar yang sehat yang ikut ibadah,

Bagi warga yang mudik akan dilakukan pengecekan melalui aplikasi  "Peduli Lindungi", apakah yang bersangkutan sudah melaksanakan vaksin dosis 1, dosis 2, ataupun booster," jelasnya.

Dengan menerapkan prokes yang ketat dalam pelaksanaan ibadah diharapkan nantinya dapat mencegah penyebaran virus Covid-19, utamanya nanti sampai pelaksanaan Hari Raya Idul Fitri.

"Memonitor di lapangan pendatang atau pemudik dari daerah luar Jember yang angka Covidnya masih tinggi akan terus dilakukan.

Kami tidak mengharap beberapa pendatang nantinya akan menjadi penyebar Covid-19 di wilayah Jember, baik pada saat melaksanakan ibadah di bulan puasa ataupun Hari Raya." Pungkasnya.

Sebagai informasi, Hadir dalam acara Zoom Meeting tersebut Kapolsek Puger, AKP Eko Basuki TA, SH, Camat Puger, Yahya Iskandar Wardayat, Danramil 0824/21 Puger Kapten Inf Asno, Kepala desa Grenden Suyono, serta kepala desa se-kecamatan Puger. (*)


0 Komentar

© Copyright 2022 - Suarajatimpos